STRATEGI MENJAWAB SOAL RECOUNT TEXT

Bagi yang berminat belajar bahasa Inggris on line gratis, saya rekomendasikan FOLLOW akun Instagram @engliguidance. Anda akan selalu mendapat postingan secara teratur

images (1)Teks Recount adalah salah satu dari jenis teks bahasa Inggris yang menceritakan kembali kejadian-kejadian atau pengalaman-pengalaman di masa lampau.Tujuan dari teks recount adalah untuk memberikan informasi atau untuk menghibur pembaca. Di dalam teks recount tidak terdapat komplikasi (complication) seprti halnya di teks narrative.

 Tujuan Komunikatif Recount text

Tujuan komunikatif teks recount adalah  to tell the past event,  to retell past events, to tell past experience,to tell the biography of someone.yakni melaporkan pengalaman (experience ) tentang peristiwa, kejadian atau kegiatan di masa lampau  untuk memberitakan( to inform) atau menghibur (to entertain) pembaca.

 Generic Structure Recount Text

 Orientation

Orientation atau pengenalan yaitu memberikan informasi tentang siapa, dimana, dan kapan peristiwa atau kegiatan itu terjadi di masa lampau.

 Events

Events merupakan rekaman peristiwa yang terjadi, yang biasanya disampaikan dalam urutan kronologis, seperti “In the first day, I … . And in the next day … . And In the last day …” . Di bagian events ini juga biasanya terdapat komentar pribadi tentang peristiwa atau kejadian yang diceritakan.

Reorientation

Pada bagian reorientation, terdapat pengulangan pengenalan yang ada di orientation, pengulangan yang merangkum rentetan peristiwa, kejadian atau kegiatan yang diceritakan.

Ciri Kebahasaan Recount Text

Terdapat beberapa ciri kebahasaan yang mungkin akan ditemukan dalam sebuah Recount Text. Ciri-ciri kebahasaan dari Recount Text tersebut adalah:

Menggunakan Past Tense. Misalkan we went to zoo. I was happy, etc.

Menggunakan Conjunction dan Time Connectives untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian. Misalnya and, but, the, aftar that, etc.

Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk mengungkapkan tempat, waktu dan cara. Misalkan yesterday, at my house, slowly, etc.

Menggunakan Action Verbs. Misalkan went, slept, run, brought, etc.

 Contoh recount text:
images (19)
 Our trip to the Blue Mountain

 Orientation

On Friday we went to the Blue Mountains. We stayed at David and Della’s house. It has a big garden with lots of colourful flowers and a tennis court.

 Events

On Saturday we saw the Three Sisters and went on the scenic railway. It was scary. Then, Mummy and I went shopping with Della. We went to some antique shops and I tried on some old hats. On Sunday we went on the Scenic Skyway and it rocked. We saw cockatoos having a shower.

 Reorientation

In the afternoon we went home

 Yang sering ditanyakan antara lain:

1. Menentukan tujuan komunikasi

2. Menentukan Gambaran Umum

3. Menentukan Ide Utama Paragrap Tertentu

4.Menentukan Informasi Terinci

5. Menentukan Referensi Kata

 STRATEGI

1. Strategi menjawab soal menentukan tujuan komunikasi

     Model pertanyaan yang sering muncul:

    What is the purpose of the text above ?

 Jawabannya:

Teks Recount (Isinya menceritakan pengalaman di masa lalu secara berurutan sesuai waktu kejadian, menggunakan jenis kalimat past tense) maka jawabannya adalah to retell / to tell the past event (experience).

2. Strategi menjawab soal menentukan Gambaran Umum

Model pertanyaan yang sering muncul:

           a.     What is the text about?

           b.     What does the text tell us about?

           c.     What is the topic of the text?

           d.     The text mainly discusses…

           e.     The text tells us about…

 Jawabannya:   

* Jika ada judul maka jawabannya adalah judul
* Jika tidak ada judul jawabannya kata yang paling banyak muncul di dalam teks, biasanya berada pada kalimat pertama paragrap pertama, kalimat terakhir paragrap terakhir, atau kalimat pertama setiap paragrap

3. Strategi menjawab soal menentukan Ide Utama Paragrap Tertentu

Model pertanyaan yang sering muncul:What is the main idea of paragraph…?
Jawabannya: Kalimat pertama yang berada di awal  paragrap
Kalimat terakhir di akhir paragrap

4. Strategi menjawab soal menentukan Informasi Terinci

Pertanyaan menggunakan kata tanya: How (bagaimana), where (di mana), when (kapan), which (yang mana), how many (berapa banyak), what (apa) ,Who (siapa), Why (mengapa), whom (siapa), how long (berapa lama), etc

Jawabannya:

Perhatikan kata kunci kata/kalimat dalam pertanyaan, lalu Carilah kata kunci /kalimat  itu pada teks, jawabannya terdapat di bagian sebelum atau sesudah kata kunci /kalimat pertanyaan

5. Strategi Menentukan Referensi Kata

Pertanyaan:

The underlined word, refers to…

The word ‘we’ refers to … .

What does the pronoun ‘it’ refer to?

The word ‘she’ refers to…

Jawabannya: Subject atau Object pada kalimat sebelumnya

 Contoh soal
images
Last weekend the girl scouts and the boy scouts of my school had their first fun camping outside the school.

They left for Cikoneng at 05. 00 am. After a long and thrilling drive they arrived at the village and found a good camping site.

“Let’s set up our tents there,” said the leader while pointing at the garden. Then, they started to work. In a short time the tents were ready and they put a small flag on the top of each tent. After that, some girl scouts made a fire while some others cooked their lunch. The boys were busy working. The lunch was ready at 03.00 and they immediately started to eat. After that, they took a little rest.

At 04.30 pm the leader blew his whistle and all the girl scouts and the boy scouts gathered around to start their fun camping programs

1. Kemampuan yang diuji: Menentukan informasi tersirat 

  • · Indikator: Disajikan sebuah teks recount tentang pengalaman seseorang, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat
  • · Soal:

When did the scouts begin their fun camping programs?

A. At night.

B. In the evening.

C. In the morning.

D. In the afternoon.

  • · Kunci jawaban: d
  • · Pembahasan: Pada paragraph terakhir tertera ‘At 04.30 pm…. start their fun caming rograms?’ Pukul 04.30 pm menunjukkan waktu in the afternoon.

2. Kemampuan yang diuji: menentukan informasi rinci tersurat

· Indikator: Disajikan sebuah teks recount yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dari teks tersebut dengan tepat.

  • · Soal:

The scouts set their tents up.…

A. on the mountain

B. beside the road

C. at the garden

D. in the valley

  • · Kunci jawaban: c
  • · Pembahasan: Pada paragraph tiga, kalimat pertama “…said the leader while pointing at the garden.”,maka jawaban yang tepat adalah c.

3.  Kemampuan yang diuji: Menentukan rujukan kata/frasa

  • · Indikator: Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari teks recount yang sama yang salah satu kata ganti digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang rujukan kata ganti dari kata yang digaris bawahi tersebut dengan tepat.
  • · Soal:

“… and some others cooked their lunch.” (paragraph 3 line 5)

What does the underlined phrase refer to?

A. The teachers.

B. The girl scouts.

C. The boy scouts

D. The leader of scouts.

  • · Kunci jawaban: b
  • · Pembahasan: Mengacu pada kalimat “After that, some girl scouts made a fire while some others cooked their lunch.”, maka ‘some others’ mengacu pada girl scouts.

4. Kemampuan yang diuji: Menentukan pikiran utama

  • · Indikator: Disajikan sebuah teks recount yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pikiran utama suatu paragraf dari teks tersebut dengan tepat.
  • · Soal:

What’s the main idea of the third paragraph?

A. The scouts set up their tents.

B. The scouts came to the camping site.

C. The scouts prepared everything for camping.

D. The scouts started their activities in camping site.

  • · Kunci jawaban: c
  • · Pembahasan: Pada paragraph 3 menceritakan kegiatan peserta pramuka menyiapkan segala sesuatu untuk berkemah, maka pikiran utama yang tepat adalah c.

Dari berbagai sumber

STRATEGI LAINNYA:
STRATEGI MENJAWAB SOAL INVITATION
STRATEGI MENJAWAB SOAL TEKS DESCRIPTIF
STRATEGI MENJAWAB SOAL TEKS IKLAN
STRATEGI MENJAWAB SOAL NARRATIVE TEXT

images (23)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: