STRATEGI MENJAWAB SOAL TEKS DESCRIPTIF

Bagi yang berminat belajar bahasa Inggris on line gratis, saya rekomendasikan FOLLOW akun Instagram @engliguidance. anda akan selalu mendapat postingan secara teratur

images (12)Teks Deskriptif adalah teks yang mendiskripsikan, menggambarkan, atau menguraikan tentang sesuatu, misalnya benda, orang ataupun tempat tertentu. Uraian teks ini biasanya meliputi karakteristik, jenis, bentuk, fungsi dan hal-hal terperinci tentang “sesuatu” tersebut. Tujuan komunikasi —> To describe…...( menggambarkan…)

 Generic Structure Descriptive Text

Di setiap Descriptive Text terdapat dua bagian yang menjadi ciri dari Descriptive Text itu sendiri. Kedua bagian tersebut adalah:
1. Identification 
Idnetification adalah bagian dari Descriptive Text yang berisi tentang topik atau “apa” yang akan digambarkan atau dideskripsikan.
2. Description 
Description adalah bagian terakhir dari Descriptive Text yang berisi tentang pembahasan atau penggambaran tentang topik atau “apa” yang ada di Identification mengenai kenampakan fisik, kualitas, perilaku umum maupun sifat-sifatnya.

Ciri Kebahasan Descriptive Text:

 Descriptive Text menggunakan Present Tense.

Descriptive Text menggunakan berbagai macam Adjectives (kata sifat) yang bersifat Describing(mengambarkan), Numbering (Menomerkan), dan Classifying (mengklasifikasikan), misalnya: two strong legs, sharp white fangs, etc.

Descriptive Text menggunakan Relating Verbs untuk memberikan informasi tentang subjek, misalnya:my mum is realy cool. It has very thick fur, etc.

Descriptive Text menggunakan Thinking Verbs (kata kerja berfikir, seperti belive, think, etc.) danFeeling Verbs (kata kerja perasa, seperti feel)untuk mengungkapkan pandangan pribadi penulis tentang subjek, misalnya: police believe the suspect is armed. I think it is a clever animal, etc.

Descriptive Text juga menggunakan Adverbs (kata keterangan) untuk memberikan informasi tambahan mengenai perilaku atau sifat (Adjective) yang dijelaskan, misalnya: it is extremely high. It runs definitely past, etc.

Contoh Desctiptive Text 
images
MacQuarie University

Identification 
Macquarie University is one of the largest universities in Australia. This year, in 2004, it celebrates its 40th anniversary.

Description

The university is located at the North Ryde Greenbelt, Sydney, where the New South Wales government sets aside 135 hectares for the institution. In 1964, Macquarie area was a rural retreat on the city fringe, but today the campus and its surroundings have evolved beyond recognition. The North Ryde District has grown into a district of intensive occupation anchored by a vibrant and growing university.

Blessed with a fortunate location and room to breathe, Macquarie can be proud of that careful planning that retains and enrich the university’s most attractive natural features. A pleasing balance between buildings and plating is evident across the campus. This emphasis on the importance of landscape has created images of Macquarie as a place that members of the university are most likely to pleasurably recollect.

One of the highlights of the landscape is the Mars Creek zone. It comprises landscaped creek sides and valley floor, a grass amphitheatre, and artificial lake surrounded by rocks and pebbles, native plants and eucalypts.

Today, a railway station is under construction. In three years1 time, Macquarie will be the only university in Australia with a railway station on site. Macquarie is poised to be the most readily accessible in Sydney region by rail and motorway, yet retaining its beautiful site.

Sumber: belajarbahasainggris.us

Yang sering ditanyakan antara lain:

1. Menentukan tujuan komunikasi

2. Menentukan Gambaran Umum

3. Menentukan Ide Utama Paragrap Tertentu

4.Menentukan Informasi Terinci

5. Menentukan Referensi Kata

STRATEGI

1. Strategi menjawab soal menentukan tujuan komunikasi

 Model pertanyaan yang sering muncul:

What is the purpose of the text above ?

 Jawabannya:

Teks Deskripsi (isinya menggambarkan manusia,tokoh yang sedang naik daun, hewan,benda,dan suatu tempat) maka jawabannya adalah to describe…(judul teks)/(sesuatu yang digambarkan dalam teks).

2. Strategi menjawab soal menentukan Gambaran Umum

Model pertanyaan yang sering muncul:

           a.     What is the text about?

           b.     What does the text tell us about?

           c.     What is the topic of the text?

           d.     The text mainly discusses…

           e.     The text tells us about…

Jawabannya:   

* Jika ada judul maka jawabannya adalah judul
* Jika tidak ada judul jawabannya kata yang paling banyak muncul di dalam teks, biasanya berada pada kalimat pertama paragrap pertama, kalimat terakhir paragrap terakhir, atau kalimat pertama setiap paragrap

3. Strategi menjawab soal menentukan Ide Utama Paragrap Tertentu

Model pertanyaan yang sering muncul:What is the main idea of paragraph…?
Jawabannya: Kalimat pertama yang berada di awal  paragrap
Kalimat terakhir di akhir paragrap
4. Strategi menjawab soal menentukan Informasi Terinci

Pertanyaan menggunakan kata tanya: How (bagaimana), where (di mana), when (kapan), which (yang mana), how many (berapa banyak), what (apa) ,Who (siapa), Why (mengapa), whom (siapa), how long (berapa lama), etc

Jawabannya:

Perhatikan kata kunci kata/kalimat dalam pertanyaan, lalu Carilah kata kunci /kalimat  itu pada teks, jawabannya terdapat di bagian sebelum atau sesudah kata kunci /kalimat pertanyaan

6. Strategi Menentukan Referensi Kata

Pertanyaan:

The underlined word, refers to…

The word ‘we’ refers to … .

What does the pronoun ‘it’ refer to?

The word ‘she’ refers to…

Jawabannya: Subject atau Object pada kalimat sebelumnya

Contoh soal
images (20)
Elizabeth II, born on 21st April 1926, is the eldest daughter of George VI and Elizabeth Bowes-Lyon. She married Philip Mountbatten, a distant cousin, in 1947. The pair has four children: Charles, Prince of Wales, Anne, Andrew and Edward. She is the first monarch to send her children to boarding schools in order to remove them from the ever-probing media. She has a strong sense of duty and diligence. Her knowledge of current situation and trends are up to date. She possesses a sense of humorous rarely exhibited in public where a dignified presence is her goal

1. Kemampuan yang diuji: Menentukan tujuan komunikatif teks

 Indikator: Disajikan sebuah teks deskriptif tentang orang terkenal, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif dari teks tersebut dengan tepat.

 Soal:

What is the purpose of the text? It is to … .

A. Entertain the reader

B. Inform a successful person

C. tell someone’s experience

D. describe a particular person

 Kunci jawaban: d

 Pembahasan: Teks di atas adalah teks deskriptif, tujuan komunikatif teks tersebut adalah mendeskripsikan sesuatu yang khusus. Pada teks tersebut mendeskripsikan orang terkenal ‘Elizabeth’, maka jawaban yang tepat c.

 2. Kemampuan yang diuji: Menentukan informasi tersirat 

 Indikator: Disajikan sebuah teks deskriptif yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat.

 Soal:

Anne is one of the … of George VI.

A. sister

B. niece

C. daughter

D. granddaughter

 Kunci jawaban: d

 Pembahasan: Pada text di atas tertulis Elizabeth adalah anak perempuan dari George VI, dan Anne adalah anak perempuan dari Elizabeth, maka Anne adalah cucu perempuan dari George VI.

 3. Kemampuan yang diuji: Menentukan makna kata/frasa/kalimat

 Indikator: Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari teks deskriptif yang sama yang salah satu katanya digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata/frasa/kalimat dari kata yang digaris bawahi tersebut dengan tepat.

 Soal:

“She possesses a sense of humorous rarely exhibited….”

The underlined word means….

A. hidden

B. found

C. shown

D. given

 Kunci jawaban: c

 Pembahasan: Makna ‘exhibited’ yang tepat secara konteks pada teks di atas adalah ‘shown

Dari berbagai sumber

STRATEGI LAINNYA:
STRATEGI MENJAWAB SOAL INVITATION
STRATEGI MENJAWAB SOAL RECOUNT TEXT
STRATEGI MENJAWAB SOAL TEKS IKLAN
STRATEGI MENJAWAB SOAL NARRATIVE TEXT

images (24)

One response

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: