ADU KECERDIKAN

images (31)Di sebuah desa ada seseorang yang terkenal dengan kecerdikannya, sebut saja dia dengan panggilan Raswan. Dua orang kota datang kepadanya untuk menguji kecerdikannya.
Orang kota pertama mengajuakan sebuah pertanyaan kepada Raswan:
” Tahukah Anda berapa jumlah bintang di langit?”
“Jumlahnya sebanyak bulu yang ada di domba saya. Kalau gak percaya, silakan hitung sendiri” Jawab orang desa.
“Wah itu sih jawaban ngawur? Orang kota itu berkata.
“Lebih ngawur lagi pertanyaannya. Mana ada orang yang dapat menghitung jumlah bintang di langit” Kata Raswan, dan orang kota pertama pun terdiam.
Kemudian giliran orang kota kedua berkata:
“Tadi Anda bilang jumlah bintang di langit sama banyaknya dengan bulu yang tumbuh di domba Anda. Lalu, berapa banyak bulu yang tumbuh di domba Anda?”
“Jumlahnya sebanyak bulu yang tumbuh di badan Anda” Raswan menjawab.
“Dapatkah Anda membuktikannya? Orang kota kedua itu meminta.
“ Mari kita buktikan bersama, Anda mencabut bulu domba saya satu per satu. Silakan Anda bisa mulai mencabutnya dari mana saja. Kemudian secara bergiliran saya mencabut bulu yang tumbuh di badan Anda. Saya akan mulai dengan mencabut bulu hidung Anda, kenudian kumis, dan seterusnya. Setuju?”Kaata Raswan
“Kalau begini caranya, saya nggak mau” Orang kota kedua pun menyerah

 

Tidak, saya sama sekali tidak tersinggung. Itu sekedar canda. Justeru pak Fatah telah menyadarkan saya bahwa saya memang sudah AKI-AKI meskipun saya tetap LAKI-LAKI. Laki-laki yang sudah aki-aki tentunya.Betapapun dipertahankannya, muka akan semakin kempot, badan akan semakin peot dan kulit akan semakin  mulur dam ahirna mati.

Ketika seseorang mati, tubuhnya secara gradual terurai, dari individu menjadi organ, jaringan, sel, molekul, atom sampai ke sub atom untuk kemudian dikembalikan lagi ke alam, dan tidak ada unsur sekecil apa pun dari tubuhnya yang hilang, hanya mengalami perubahan. Adapun manusia sebagai insan ruhnya akan tetap kekal. Semua akan ditinggalkan hanya pahala amal sholehlah yang akan setia menemaninya.

Terkadang saya merindukan masa muda dulu yang masih penuh vitalitas dan enerjik. Namun itu semua adalah masa lalu yang tidak mungkin akan kembali meskipun sekarang saya masih kuat berjalan cepat keliling lapangan kesepuhan sebnyak lebih dari 10 kali, berolahraga fitness da nmasih produktif.  Hidup terasa lebih tenang dan tenteram justeru ketika mamasuki usia AKI-AKI karena ruh dan jiwa manusia akan tetap muda dan tidak akan mengalami penuaan bahkan di akhirat kelak tidak ada AKI-AKI dan NENEK-NENEK. Semanya muda.

images (32)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

