Problem: 6 The Past ContinuousTense

images
Dibentuk dengan : was/were + V-ing
Was untuk: she, he, it, atau kata benda tunggal
Were untuk: they,we, you, atau kata benda jamak

Digunakan antara lain:
1. Untuk menyatakan suatu pekerjaan yang sedang berlangsung pada suatu saat tertentu di masa lampau.
Contoh:
(+) He was watching TV at nine o’clock last night.
= Dia sedang menonton TV pada pukul sembilan tadi malam.
(?)Was he watching TV at nine o’clock last night?
= Apakah dia sedang menonton TV pada pukul sembilan tadi malam?
(-)He was not watching TV at nine o’clock last night.
= Dia tidak sedang menonton TV pada pukul sembilan tadi malam.

2. Untuk menyatakan dua pekerjaan atau peristiwa yang sedang berlangsung secara bersamaan pada suatu saat tertentu di masa lampau.
Contoh:
He was watching Tv while I was copying the lessons.
= Dia sedang menonton TV sewaktu saya sedang menyalin pelajaran-pelajaran.
While we were playing chess, she was having dinner.
= Sewaktu kami sedang bermain catur, dia sedang makan malam.
What were you doing while they were quarrelling?
= Apa yang sedang kau kerjakan sewaktu mereka sedang bertengkar?

3. Untuk menyatakan suatu pekerjaan yang sedang berlangsung ketika ada peristiwa lain terjadai di masa lampau.
Contoh:
The phone rang while I was taking a bath/ while I was taking a bath, the phone rang.
= Telepon berdering sewaktu saya sedang mandi/ sewaktu saya sedang mandi, telepon berdering.
I was taking a bath, when the phone rang/ when the phone rang, I was taking a bath.
= Saya sedang mandi ketika telepon berdering/ ketia telepon berdering, saya sedang mandi.
While we were studying, he came i/we were studying when he came .
= Sewaktu kami sedang belajar, dia datang/ kami sedang belajar ketika dia datang.

LATIHAN
Terjemahkan kalimat di bawah ini ke dalam bahasa Inggris
a. Dia sedang menyirami bunga-bunga ketika saya datang.
b. Apakah dia sedang menyirami bunga-bunga ketika saya datang?
c. Dia tidak sedang menyirami bunga-bunga ketika saya datang
d. Siapa yang sedang menyirami bunga-bunga ketika saya datang?
e. Apa yang sedang dia kerjakan ketika saya datang?
f. Dimana dia sedang emnyirami bunga-bunga ketika saya datang?

TENSES LAINNYA:
1. Problem: 1 The Simple Present Tense
2. Problem: 2 The Present Continuous/Progressive Tense
3. Problem: 3 The Simple Past Tense
4. Problem: 4 The Future Tense
5. Problem: 5 The Present Perfect Tense

images (28)

Leave a Reply

